Agen Jorginho Mencari Tahu Ketertarikan Juve, Indikasi Revolusi Sektor Gelandang

Diposting pada

Jorginho (kanan) dilaporkan masuk radar Juventus untuk reuni dengan Maurizio Sarri, yang juga kabarnya sengaja ke Yunani demi menemui Cristiano Ronaldo (kiri).

JAKARTA – Perburuan Juventus F.C. terhadap sosok gelandang di bursa transfer musim ini tampaknya bakal heboh. Sebab, sejumlah nama terus saja bermunculan dan dikait-kaitkan dengan kubu “I Bianconeri“. Terbaru, ada kabar yang menyebutkan bahwa Juve sedang mempertimbangkan Jorginho (gelandang Chelsea).

Sebelumnya, kubu Juve dihubung-hubungkan dengan Sergej Milinkovic-Savic (Lazio), Paul Pogba (Manchester United), Adrien Rabiot (Paris Saint-Germain) serta Hamed Traore (Empoli). Jangan lupa, “Si Nyonya Besar” pun telah mengamankan jasa Aaron Ramsey (dikontrak hingga Juli 2023). Tapi rupanya, kebutuhan Juve untuk memperkuat sektor lapangan tengah belumlah terpenuhi seluruhnya.



Sontak, indikasi terjadinya revolusi lapangan tengah rasanya bukan sebatas wacana. Entah karena hal itu diminta oleh Maurizio Sarri atau memang disiapkan langsung oleh manajemen Juve. Namun bila melihat nama-nama yang diincar dan begitu terbukanya peluang untuk merealisasikan sejumlah transfer tersebut, revolusi gelandang pasti terjadi.

Beberapa hari terakhir, koran-koran di Italia santer mengabarkan ketertarikan Juve kepada Jorginho. Hal yang wajar, mengingat kini klub milik keluarga Agnelli tersebut dilatih oleh Sarri. Ya, dimana ada Sarri maka di situ ada pula Jorginho. Fakta ini terjadi sejak tahun 2015, ketika Sarri dan Jorginho bahu membahu di Napoli.

Kedua orang itu juga tetap bersama, meski keluar dari Napoli untuk hijrah ke Chelsea (2018-19). Tampaknya, Jorginho telah menjelma sebagai “pemain kunci” yang menjamin bakal suksesnya ide permainan Sarri. Selama berkarier, Sarri dikenal “mendewakan” filosofi penguasaan bola dan permainan agresif mengandalkan operan-operan cepat nan akurat.

Jorginho adalah tipikal gelandang berkemampuan sangat baik dalam membaca situasi, membuka ruang, membangun permainan serta melepaskan operan tepat sasaran. Memang, Juve sudah punya Ramsey yang karakteristik permainannya mirip-mirip Jorginho. Tapi Jorginho lebih mengenal budaya sepak bola di Italia (datang sejak 2010), sehingga diprediksi tidak akan kesulitan atau perlu adaptasi lama.

“Chelsea masih memegang sisa empat tahun kontrak Jorginho. Kami akan menunggu beberapa hari untuk mencari tahu kebenaran tentang kabar ketertarikan Juve,” kata Joao Santos. Ditambahkan agen Jorginho tersebut, kliennya tidak mempermasalahkan ikatan masa lalu (sebagai eks penggawa Napoli).

“Jorginho adalah seorang profesional. Dirinya bahagia di Chelsea, juga karena Jorginho mendapati suasana hebat dalam tim. Tapi apapun bisa terjadi di bursa transfer, jadi kami akan menunggu,” jelas Joao. Akan menarik diamati, siapa gelandang lama Juve yang dikorbankan bila Jorginho datang?

Nama-nama seperti Miralem Pjanic, Sami Khedira, Rodrigo Bentancur dan Juan Cuadrado mungkin dilepas Juve. Pjanic rasanya yang cukup dekat dengan pintu keluar, mengingat gaya bermainnya serupa dengan Ramsey dan Jorginho. Setelah tiga tahun bersama, besar kemungkinan Pjanic dan Juve berpisah untuk mencari suasana baru.

Apalagi, Sarri pun terbiasa mengganti sosok gelandang kreatif lawas dalam timnya dengan pemain baru. Ketika datang ke Chelsea, Sarri mengabaikan Cesc Fabregas (akhirnya dilepas ke AS Monaco) demi memberi satu tempat di line up kepada Jorginho. Sementara itu, Khedira mungkin dilego karena faktor usia.

Walau Sarri kerap bermain dengan satu gelandang jangkar mendampingi seorang playmaker, tapi Khedira bisa dikecualikan. Di Juve saat ini, masih bercokol Emre Can atau Blaise Matuidi yang lebih muda dan bisa diandalkan mengisi pos gelandang bertahan. Walau tak menutup kemungkinan salah satu dari Emre Can atau Matuidi juga dilepas guna menghindari pembengkakan skuat.

Bentancur pun bisa diasingkan dengan status pinjaman, supaya mendapat jam bertanding dan pengalaman lebih banyak. Adapun Cuadrado tampaknya tak masuk strategi Sarri. Gelandang sayap asal Kolombia ini bisa dikorbankan menjadi paket pembelian untuk salah satu incaran Juve.