Alonso Pulang ke Sociedad Untuk Menandai Petualangan Baru

Diposting pada
Xabi Alonso (tengah) ketika dipresentasikan secara resmi sebagai pelatih baru klub Segunda Division B, Real Sociedad B.

JAKARTA – Sekitar 20 tahun silam, Xabi Alonso menandai debut sebagai pesepak bola profesional bersama Real Sociedad B. Kini, pria berusia 37 tahun tersebut memutuskan pulang ke Sociedad tapi untuk menandai petualangan berbeda.

Ya, Alonso secara resmi ditunjuk menangani Real Sociedad B (tim cadangan). Satu tahapan serius berikutnya, ditempuh eks gelandang yang sempat lima tahun berseragam “La Real” itu.

Live Streaming Sagah TV Disini

“Ada banyak alasan untuk kembali, baik dari segi olahraga maupun alasan pribadi. Yang jelas semuanya penting,” kata Alonso. Ditambahkan Alonso, dirinya amat bersemangat membantu menciptakan masa depan yang cerah bagi Sociedad.

Setelah menyelesaikan kursus kepelatihan elite UEFA (pada 2018), Alonso sebetulnya telah memegang satu tim. Hanya saja level tim tersebut masih setaraf tingkat junior, yakni tim u-14 Real Madrid.

Sekarang bersama Real Sociedad B, Alonso bakal mengarungi kompetisi kasta ketiga di Spanyol. Lantas, seperti apa gambaran strategi yang disiapkan Alonso agar sukses bersama “Sanse“?

Rupanya, Alonso ingin Real Sociedad B bermain dinamis dan selalu mampu beradaptasi dengan situasi pertandingan. “Saya telah dilatih banyak manajer hebat dan saya belajar sesuatu dari mereka semua. Tapi pada akhirnya, setiap orang harus punya gayanya sendiri,” kata Alonso.

Yang jelas, Alonso percaya dirinya berada di tempat yang tepat untuk menjalani petualangan lebih serius ini. Karena bagi mantan penggawa tim nasional Spanyol tersebut, Real Sociedad ibarat rumah.

“Saya bertujuan menikmati karier ini. Meski saya tidak bisa mengendalikan seberapa jauh saya akan melangkah,” kata Alonso. Hal-hal semacam itu akan dapat saya ketahui sendiri hari demi hari.”

Menarik dinantikan, apakah Alonso bakal sukses dalam karier kepelatihannya? Dahulu saat masih aktif bermain, Alonso dikenal sebagai gelandang cerdas yang piawai mengendalikan permainan.

Lalu, apakah Alonso pun akan sanggup mengendalikan Real Sociedad B? Dan sama seperti jejak karier profesionalnya sebagai pemain, siapa tahu (setelah dari Sociedad) Alonso akan singgah di tim-tim besar Eropa sebagai pelatih?