Ada Apa Dengan Toni Kroos & Tahun 2023?

Diposting pada
Gelandang Real Madrid CF, Toni Kroos, telah menyiapkan satu rencana penting untuk kariernya yang akan dieksekusi pada pertengahan tahun 2023 .

JAKARTA – Pada tahun 2023 mendatang, Toni Kroos memasuki usia 33 tahun. Pada tahun itu pula, bila tidak ada perubahan, Kroos akan menjalani periode terakhir dalam kontraknya bersama Real Madrid CF. Meski terhitung masih empat tahun lagi, pesepak bola asal Jerman ini menyiapkan rencana penting untuk kariernya dari sekarang.

Ada apa dengan Kroos dan 2023? Jawabannya, Kroos ternyata berniat untuk “gantung sepatu” pada tahun tersebut. Kebenaran kabar itu disampaikan langsung oleh pemain yang bersangkutan ketika diwawancarai Bild (media asal Jerman).



“Durasi kontrak saya (telah) dipilih dengan penuh kesadaran. Ketika saya berusia 33 tahun, itu akan menjadi usia yang bagus untuk pensiun,” ujar Kroos. Gelandang yang kini mengarungi musim keenam bersama Madrid tersebut juga mengakui, tidak berminat sama sekali berkarier di luar Eropa.

“Saya tak akan pernah bermain di Amerika Serikat, China atau Qatar,” kata Kroos. “Jika saya memang ingin melakukan sesuatu yang lain (usai habis kontrak bersama Madrid), pada saat itu saya akan punya kesempatan untuk memilih.”

Diboyong dari Bayern Munchen (17 Juli 2014), Kroos sejauh ini menggondol 11 gelar juara bersama Madrid. Rinciannya adalah empat trofi Piala Dunia Klub FIFA, tiga trofi Liga Champions, dua trofi Super Klub Eropa serta masing-masing satu gelar La Liga dan Piala Super Spanyol.

Hingga kini, Kroos tercatat tampil sebanyak 233 kali (13 gol) untuk “Los Galacticos” di berbagai ajang. Wajarlah dengan segala rentetan keberhasilan maupun pencapaian tersebut, Kroos mengaku bahagia telah pindah ke Madrid.

Meskipun, ia harus berkorban dengan cara meninggalkan Jerman dan Munchen (klub junior sekaligus klub profesional pertama Kroos). Tapi, sama sekali tidak ada penyesalan berarti merasuki batin Kroos. “Menandatangani (perjanjian kontrak) untuk Madrid merupakan hal terhebat yang bisa saya lakukan,” kata Kroos.